Cara Mencegah Jerawat Batu


Jerawat Batu atau yang disebut dengan jerawat jagung atau juga disebut jerawat nasi dan bahas ilmiah Cystic Acne. Biasanya jerawat batu ini akan membesar dengan tonjolan akibat peradangan hebat yang bermuara ke seluruh wajah. Jerawat memang dapat menggangu penampilan seseorang menjadi tidak sedap dipandang mata bagi yang melihatnya, tidak hanya itu jerawat juga dapat mengurangi rasa percaya diri ketika tampil atau berkumpul bersama rekan-rekan atau khlayak orang banyak. Umumnya seseorang yang menderita jerawat disebabkan oleh faktor hormon yang memiliki kelenjar minyak yang berlebih, sehingga memudahkan pertumbuhan dan perkembang biakan sel-sel kulit mati penyebab jerawat. Kelenjar minyak yang berlebih pada wajah mengakibatkan regenerasi baru bagi sel-sel kulit menjadi terhambat. Untuk mengatasi hal ini banyak cara mencegah jerawat batu.

Pengobatan bagi seseorang yang menderita jerawat batu, umumnya melakukan konsultasi pada dokter sspesialis kulit untuk mendapatkan perawatan atau pengobatan yang tepat dalam menyembuhkan dan mencegah kembali timbulnya jerawat batu. Biasanya dokter kulit akan melakukan pengobatan dengan membero suntikan yang mengandung cairan Cortisone yang bekerja menyembuhkan jerawat dalam waktu kurang lebih selama 48 jam. Namun cara ini jarang sekali dilakukan karena selain membutuhkan biaya yang cukup mahal, mereka yang menderita jerawat batu secara rutin melakukan pemeriksaan atau suntikan ulang untuk menghilangkan jerawat batu, cara ini tentunya memiliki efek samping, karena suntikan dengan menggunakan cairan cortisone tidak bersifat permanen, sehingga memungkinkan jerawat batu timbul kembali.

Berikut ini ada beberapa cara mencegah kembali timbulnya jerawat batu, diantaranya adalah :
1. Rajin membasuh wajah minimal 2 kali sehari
Membasuh wajah meinimal 2 kali sehari adalah salah satu cara efektif untuk mencegah timbulnya jerawat, minimal membuat wajah tidak terlihat kusam, serta membebaskan wajah dari sisa-sisa make-up. Dalam membasuh atau mencuci wajah tentunya harus memperhatikan sabun pembersih wajah yang tepat guna menghindari wajah dari rasa iritasi, gatal- gatal dan berimbas pada timbulnya jerawat yang disebabkan oleh efek samping dari kandungan sabun pembersih wajah. Banyak merk sabun pembersih wajah yang dijual dipasaran yang mungkin cocok dengan tipe atau jenis kulit wajah Anda.

2. Memilih dan menggunakan jenis kosmetika / make-up sesuai dengan jenis kulit wajah
Apabila Anda memiliki jenis kulit wajah yang berminyak atau sensitif, pastikan memilih atau membeli alat-alat kosmetika tanpa mengandung bahan mercuri atau sejenis campuran kimia dalam bedak, eyeshadow atau blush on (pemerah pipi). Gunakan pelembab wajah yang aman sebelum menggunakan bedak atau alat kosmetik lainnya.

3. Menghindari penggunaan kosmetika yang memgandung minyak
Secara alami wajah kita akan produksi minyak,bahkan kulit kering sekalipun.Jadi hindarilah menggunakan kosmetik/make up yang terlalu lebih karena minyak dan debu akan menjadi media bakteri yang menyebabkan jerawat berkumpul di wajah kita.

4.Keringkan wajah dengan handuk yang bersih
Pakailah handuk yang bersih untuk mengeringkan wajah kita setelah mencuci muka,karena bakteri juga suka dengan tempat yang lembab dan hangat.

5.Minum air putih
Hampir 70% kulit kita terdiri dari air,dengan meminum air minimal 2 liter sehari,maka kita akan selalu segar, fit dan sehat.

6.Menggunakan pelembab kulit
Gunakan pelembab kulit untuk membantu menyehatkan kulit kita,terutama dari kulit kering dan pecah-pecah. Namun pelembab juga bukan berarti pelembab yang berminyak.sudah banyak sekarang di pasaran produk kosmetik yang berbahan dasar air.

7.Pastikan kulit wajah anda bersih sebelum tidur
Selalu cuci wajah dan pastikan wajah anda bersih sebelum tidur.

8.Rajin mengkonsumsi sayur dan buah
Sayur-sayuran banyak mengandung vitamin yang menyehatkan kulit kita.Perbanyaklah mengkonsumsi sayur dan buah,terutama yang mengandung vitamin E,Dengan kulit yang sehat,maka jerawat tidak mudah untuk muncul dan berkembang.

9.Istirahat dengan cukup dan teratur
Lakukan cara mengobati jerawat batu diatas secara rutin dan benar. Jangan melakukannya hanya sesekali saja. Karena jika Anda ingin hasil yang maksimal maka lakukanlah dan usahakanlah cara diatas dengan cara yang maksimal pula.

0 Komentar untuk "Cara Mencegah Jerawat Batu"

Back To Top